-->

Cara Alami Mengusir Tikus Di Rumah Dan Di Sawah

Cara Mengusir Tikus - Ozym. Anda tentu jengkel ketika melihat barang-barang kesayangan anda di rusak oleh si hewan pengerat alias tikus bukan? Bukan hanya makanan yang jadi sasaran tikus tapi benda keras seperti kabel, kardus, kertas, kain pun jadi santapannya. Kalo orang jawa bilang ini binatang paling nggragas.

Tikus tidak hanya membabibuta di rumah saja, namun juga di lahan pertanian. Petani juga seringkali dibuat pusing olehnya. Bagaimana tidak, ketika sudah memasuki musim tanam biasanya tikus beraksi untuk memakan biji atau benih yang baru saja ditanam seperti padi, jagung, kacang hijau, dan lain-lain. Akibatnya petani harus menanam ulang lagi atau sulam di tempat benih yang dimakan tadi. Selain itu, mereka akan kembali menyerang pada saat tanaman sudah mulai berbuah atau sudah memasuki musim panen. Tentu hal ini sangat merugikan. Dalam kondisi parah penghasilan petani bisa turun hingga 50%.

Sebenarnya terdapat beragam cara untuk mengusir tikus yang dapat kita lakukan baik secara kimiawi maupun secara alami. Namun jika mengusir tikus dengan cara kimiawi seperti menggunakan racun kita musti ekstra hati-hati, jangan sampai racun yang dipasang mengenai tubuh kita sendiri. Oleh karenanya akan lebih aman jika kita menggunakan bahan-bahan alami untuk menghalau tikus. Berikut ini penulis akan memberikan beberapa tipsnya.

Baca Juga : Cara Mengusir Lalat Secara Alami
img: detiknews.com

Cara Mengusir Tikus Di Rumah Secara Alami


1. Pelihara Kucing
Memelihara kucing ternyata juga punya keuntungan lho, ya semua pasti tahu kalau kucing adalah musuh berat tikus. Namun anda juga harus pilih-pilih kucing yang akan dipelihara karena tidak semua kucing mau mencari tikus alias kucing pemalas. Biasanya kucing yang gemar berburu tikus adalah kucing liar.


2. Memelihara Jangkrik
Pada dasarnya tikus tidak suka dengan suara berisik. Jika anda memelihara jangkrik ini akan sangat membantu untuk menghalau tikus dari rumah karena suara nyaringnya bisa mengganggu pendengaran tikus. Untuk mendapatkan hewan ini tidak susah kok, biasanya banyak terdapat di sekitar rumah. Tangkap dan letakkan di tempat yang biasanya dilalui tikus.

3. Kapur Barus
Selain bisa digunakan untuk wewangian di lemari, ternyata kapur barus juga bisa kita gunakan untuk mengusir tikus dari rumah. Hidung tikus tidak akan bisa bertahan jika mencium aroma kapur barus bahkan jika terkena dia akan mati.

4. Minyak Peppermint
Aroma minyak peppermint yang segar dapat kita gunakan sebagai pembunuh tikus secara alami. Tikus akan mabuk dan terkulai lemah jika mencium aroma minyak ini. Taburkan minyak ini di sudut-sudut ruangan atau di kolong tempat tikus bersembunyi. Jika takut licin, maka anda dapat mencelupkan kapas ke dalam minyak peppermint dan letakkan kapas tersebut di tempat yang biasa dilewati tikus.

5. Cengkeh
Bahan yang biasa digunakan sebagai bumbu masak dan bumbu rokok ini juga terbukti mampu menghalau tikus dari rumah. Untuk menggunakannya anda dapat menebarkan bubuk cengkeh pada area yang biasa dilewati tikus. Jika ingin lebih praktis anda bisa membeli minyak cengkeh dan taruh minyak tersebut di kapas lalu letakkan kapas tersebut di sekitar rumah.

6. Baking Soda
Tikus adalah hewan yang tidak bisa bersendawa ataupun muntah. Jadi, apabila tikus memakan bubuk baking soda maka perut tikus akan terisi gas dan tidak bisa dikeluarkan. Hal ini menyebabkan tikus mati secara perlahan.

Untuk menggunakan jebakan ini, Kamu bisa membalurkan cairan atau bubuk soda di makanan (keju, apel, ikan asin, atau lainnya). Lalu letakkan makanan tersebut di tempat-tempat yang digemari tikus. Atau bisa juga Kamu membalurkan soda secara langsung di sudut tembok, got, pipa tong sampah atau spot lain lokasi persembunyian tikus.

7. Daun Salam
Selain sebagai penyedap masakan daun salam juga dapat digunakan untuk mengusir tikus yang ampuh. Anda bisa meletakkan daun ini di lokasi tempat-tempat yang biasa dilalui tikus dan dengan sendirinya mereka akan lari karena aroma daun salam ini tidak disukai oleh mereka.

8. Bubuk Atau saus Cabai Dicampur Diterjen
Gunakan campuran saus cabai dan diterjen lantas tambahkan sedikit air agar tikus tidak mau mendekati rumah anda. Taruh ramuan tadi ke dalam botol semprotan, lalu semprot cairan tersebut jika anda menemui tikus sedang jalan-jalan. Cairan ini akan membuat tikus kapok karena panas.

9. Irisan Bawang
Siapa yang tahan dengan bau yang dihasilkan irisan bawang? Salah satu yang tidak tahan adalah hewan pengerat. Mereka juga tidak menyukai aroma dari bumbu dapur yang satu ini, sehingga ini juga merupakan cara mengusir tikus yang ampuh. Letakkan irisan bawang di tempat yang sering mereka datangi atau di tempat persembunyian mereka, dijamin tikus tidak akan betah berlama-lama di sana.

10. Lada
Sebenarnya tikus ini mempunyai kelemahan dengan bau yang menyengat. Seperti aroma bubuk lada ini. Kandungan senyawa piperin yang menyengat ini juga terbukti ampuh mengusir tikus di rumah. Taburkan bubuk lada ini di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus.

11. Buah Mengkudu
Anda juga dapat menggunakan buah mengkudu untuk mengatasi tikus di rumah. Untuk menggunakannya anda bisa membalurkan sedikit jus dari buah ini di sudut-sudut dan area yang sering dilalui tikus. Lagi-lagi tikus tidak kuat mencium aroma buah ini.

12. Bedak Bayi
Ternyata bedak bayi juga dapat digunakan sebagai alat pengusir tikus. Caranya pun sangat mudah lho, anda hanya perlu menaburkan bedak bayi tersebut pada tempat yang sering dilalui oleh tikus. Cara mengusir tikus ini memang tidak serta merta langsung bisa mengusir mereka secara langsung. Namun apabila kamu melakukannya secara berkelanjutan, ini akan membuat mereka jera dengan sendirinya.

Cara Mengusir Tikus Di Sawah

Untuk mengusir tikus di area persawahan kita bisa menggunakan tanaman-tanaman alami di sekitar kita yaitu:

1. Buah Durian
Bagi kita manusia, aroma buah durian begitu sedap, tapi bagi tikus buah ini justru mengganggu penciumannya. Cara menggunakan buah durian untuk mengusir tikus di sawah yaitu persiapkan 2 atau 3 buah durian dan potong menjadi beberapa bagian. Letakkan kulit buah durian tesebut di tempat yang biasa di lalui tikus atau di pematang sawah. Aroma yang menyengat akan membuat si tikus lari tunggang langgang.

2. Buah Maja
Seperti buah durian tadi, anda bisa juga menggunakan buah maja yang dibelah menjadi 4 atau 8 bagian lantas letakkan potongan buah maja tadi di pematang atau di tengah sawah. Buah ini juga dapat berguna untuk mengatasi hama walang sangit di sawah.

3. Buah Kolang Kaling Muda
Untuk menggunakan buah ini hendaknya berhati-hati karena buahnya gatal. Gunakan sarung tangan untuk mencacah dan letakkan cacahan tersebut di lubang persembunyian tikus. Tikus yang terkena akan gatal-gatal dan jika tersenggol oleh temannya maka akan ikut gatal juga. Kalau sudah mengenai sebagaian besar rombongan, maka mereka akan pindah dengan sendirinya.

4. Singkong Dikupas
Cara mengusir tikus dengan menggunakan singkong yaitu parut singkong lalu diaduk dengan air kelapa hijau. Setelah itu kukus parutan tersebut namun jangan sampai terlalu panas. Kukusan parutan singkon yang dicampur air kelapa tadi ditaruh di lubang keluar masuknya tikus agar dimakan. Jika dimakan maka tikus akan mandul dan tidak akan berkembang biak.

5. Buah Bintaro
Buah ini sangat ampuh digunakan untuk mengusir hama tikus di sawah, rumahan hingga werok yang berukuran lebih besar. Caranya cukup diletakkan di bagian sudut rumah atau pematang sawah yang sering dilalui tikus.

6. Pelepah Kelapa
Nah, ini cara yang agak aneh memang, tapi sebagian petani di Ciamis menggunakan cara ini untuk mengusir tikus di lahan pertanian mereka. Cara kuno ini mereka dapat dari orang-orang tua dahulu. Pelepah kelapa atau Bongkok (jawa) diambil pada bagian pangkalnya lalu ditancapkan di tengah sawah 3-5 buah per petak lalu ditutup dengan plastik putih. Pangkal pelepah tersebut akan terlihat menyerupai kepala burung hantu yang selama ini menjadi predator alami tikus. Anda mau coba?

Nah itulah beberapa tips atau cara mengusir tikus di rumah dan di sawah yang alami dan tidak berbahaya. Semoga artikel singkat ini bisa membantu khususnya para petani yang seringkali mengalami kerugian akibat serangan tikus di sawah.
LihatTutupKomentar